Senin, 06 Oktober 2014

PADATNYA JALUR UTAMA KECAMATAN KLAKAH KABUPATEN LUMAJANG



Klakah selain dilewati jalur Kereta Api juga menjadi jalur padat mobil pribadi, sepeda motor maupun heavy truk semacam truk angkutan pasir /tronton dan dump truk. 


Jalur utara Lumajang arah Probolinggo-Surabaya hampir setiap hari mulai pukul 17.00 - 23.00 WIB selalu dipadati berbagai jenis kendaraan mulai  dari kendaraan pribadi, bus, truk sayur maupun truk besar pengangkur pasir. 

Namun khusus malam jalur ini dipadati dan didominasi kendaraan besar pengangkut pasir.
Hampir setiap malam, dari beberapa truk pengangkurt pasir tersebut menjadi biang kemacetan di Jalan Raya dan rata-rata disebabkan karena truk-truk besar pengangkut pasir mendadak macet atau ban meletus. 


Hal ini sering kali terjadi di Jalan tanjakan depan SMPN 1 Klakah. 
 
Menurut Kapolsek Klakah AKP H. SUTOPO, S.H., biang kemacetan di jalur utara di jalan tanjakan depan SMPN 01 Klakah adalah truk pengangkut pasir.”Truk mendadak macet saat melintas dijalan itu jika ndak kuat menanjak ya bannya kempos Mas,”ujar Kapolsek


Saat didapati truk  mendadak macet di tengah jalan dan tak segera dapat bantuan dan pengawalan petugas, otomatis arus jalan baik dari Lumajang dan Probolinggo - Surabaya macet. dikarenakan kurangnya kesadaran pengguna jalan dalam berlalu lintas.


”Rata-rata sopir kendaraan jarang sekali ada yang mau mengalah karena semuanya ingin segera sampai di tujuan Mas,” tutur Kapolsek.

Menyikapi kemacetan siang dan malam  khusus di jalur utara, Kapolsek Klakah menempatkan personil Polsek Klakah di Pos Lantas Tanjakan SMPN 1 Klakah dengan menstand by kan 1 (satu) unit Mobil Patroli jenis SUV Pick Up Double Cabin dilengkapi seling. 

”Alhamdulillah, meskipun seringkali terjadi kemacetan gara-gara truk macet atau kecelakaan semua teratasi cepat sehingga kemacetan hanya sebentar. karena personel polsek Klakah segera quick respon menyikapi truk macet tersebut.

adapun upaya yang dilakukan, pertama dengan buka tutup arus lalu lintas, dilanjutkan dengan menderek / evakuasi truk yang bermasalah dengan bantua truk umum yang melintas jalur utara.

Penyebab kemacetan lain apabila musim manicu atau disebut orang lumajang keneto atau apel madura, terjadi pasar dadakan di sekitar SPBU Klakah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar